Penilaian Pembelajaran Terpadu bekal guru

Penilaian Pembelajaran Terpadu bekal guru

Penilaian Pembelajaran Terpadu. kali ini kita akan membahas materi yang berkaitan dengan proses penilaian pembelajaran terpadu. Proses penilaian terpadu, objek dalam penilaian pembelajaran terpadu lebih mencakup kedalam penilaian terhadap proses serta hasil belajar para peserta didik. Penilaian proses belajar merupakan salah satu upaya dalam pemberian nilai terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga yang dilakukan oleh peserta didik, sedangkan penilaian hasil belajar merupakan satu proses dalam pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai dengan menggunakan kriteria tertentu.

Hasil belajar tersebut pada hakikatnya merupakan satu pencapaian kompetensi-kompetensi yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Kompetensi tersebut dapat dikenali melalui sejumlah hasil belajar dan indikatornya yang dapat diukur dan diamati. Penilaian proses dan hasil belajar itu saling berkaitan satu dengan lainnya, hasil belajar merupakan akibat dari suatu proses belajar.
Itulah proses dalam penilaian pembelajaran terpadu yang nantinya akan digunakan dalam proses pembelajaran di setiap sekolah, baik jenjang SD, SMP, ataupun SMA/K. Dengan demikian, para peserta didik akan jauh lebih memahami setiap materi yang diberikan oleh guru dalam proses belajar mengajar.
Previous
Next Post »