Mengenal lebih dekat Meja Makan Trembesi

Pada dasarnya, meja makan yang baik tidak hanya berdasarkan pada keindahan bentuk desain kursi. Aspek kenyamanan pun patut diperhatikan dan dipertimbangkan dalam mendesain Meja Trembesi . Sebagai contoh ketika kita mendesain meja makan, akan lebih nyaman jika desain meja  dibuat agak tegak. Hal ini akan mempermudah pengguna meja makan untuk melakukan aktifitasnya di ruang makan.

Bentuk yang indah kursi pun akan segera “hilang” ketika anda menggunakan meja makan yang kurang nyaman ketika anda menggunakan meja yang tidak nyaman dengan aktifitas yang anda lakukan.
Meja Makan Kayu Trembesi Solid


Mengenal bagian meja trembesi
Sebelum melangkah untuk mendesain meja, pengenalan bagian top table akan mempermudah kita untuk menggunakan bahasa yang sama dalam pembahasan lebih lanjut.
1.       tebal meja
·      Lebar rata rata : 7 – 20 cm (bagian atas sebaiknya dibuat lebih lebar 5-8 cm agar kaki depan pengguna lebih leluasa).
·        Dalam/widht rata rata : 40 – 48 cm 
·        Tinggi dudukan  rata rata : 43 - 47 cm
·   Untuk kenyamanan, sebaiknya bagian belakang dudukan dibuat lebih rendah dari bagian depan dudukan. Tidak ada ukuran standar dalam hal ini, namun rata rata kemiringannya berkisar antara 5 – 8 derajat dari bagian depan.
2.       Armrest/tanganan
·     Ketinggian rata rata dari dudukan : 20 cm 
·     Lebar : menyesuaikan desain, namun untuk kenyamanan sebaiknya lebar minimum adalah 4 cm.
3.       Back/sandaran
·    Ketinggian rata rata : minimal 30 – 40 cm dari dudukan. Dalam beberapa desain, ada ketinggian kursi yang didesain sampai 70 cm.
·     Kemiringan : max 5 derajat (untuk kursi makan), 10 – 15 derajat (untuk kursi santai).
Panduan mendesain kursi
Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam mendesain kursi agar kursi yang dihasilkan akan nyaman unuk digunakan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan :
·   Kursi mudah untuk diduduki dan tidak menyulitkan pengguna ketika berdiri meninggalkan kursi (misalnya pakaian tersangkut armrest ketika beranjak pergi).
·         Kaki kursi harus stabil dan menapak pada lantai semua secara rata.
·     Armrest/tanganan tidak menyebabkan bahu penggunanya terangkat keatas ketika tangan pengguna disankarkan atau diletakkan diatas armrest.
·      Khusus untuk kursi makan dan kursi meja belajar/tulis, jika menggunakan armrest/tanganan maka harus diperhatikan pula ketinggian Armrest/tangan agar dapat masuk kebawah meja ketika kursi tidak digunakan.
Ukuran meja trembesi
Tidak ada ukuran yang bisa digunakan sebagai pedoman dalam mendesain kursi, karena bentuk dan ukuran orang dewasa cukup berbeda. Dalam beberapa kasus, seringkali ada permintaan desain kursi dengan ketinggian yang berbeda dengan selisih 2-4 cm dari ukuran yang biasanya digunakan.
Pada dasarnya, ukuran meja makan adalah 29 inci (73,5 cm) dan ketinggian seater/dudukan kursi makan adalah 17 - 17,5 inci (43 – 44 cm). Namun, pengalaman penulis biasa ketinggian kursi diatas dianggap terlalu rendah, sehingga ada permintaan untuk mengubah ketinggian seater kursi menjadi 45 – 47 cm.
Latest
Previous
Next Post »