MAKALAH TENTANG MERAWAT MEDIA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang MasalahMedia pembelajaran adalah suatu bagian yang integral dari proses pembelajaran di kelas . Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, pembelajaran harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan media pembelajaran baik sebagai alat bantu pengajaran maupun sebagai pendukung agar materi / isi pelajaran semakin jelas dan dengan mudah dapat dikuasai pebelajar.
Dalam proses pembelajaran terdapat tiga komponen yang saling berhubungan, yaitu :
1) pembelajar (dosen, guru, instruktur ) yang berfungsi sebagai komunikator,
2) pebelajar (mahasiswa dan siswa ) yang berperan sebagai komunikan , dan
3) bahan ajar yang merupakan pesan yang akan disampaikan kepada pebelajar untuk dipelajari (Situmorang, 2009)MAKALAH TENTANG MERAWAT MEDIA
Penggunaan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk dapat membantu mengatasi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran termasuk hambatan psikologis, hambatan fisik, hambatan kultural dan hambatan lingkungan. Secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan :
1) Memperjelas penyajian pesan,
2) Mengatasi keterbatasan ruang,
3) Mengatasi sikap pasif siswa.
Dalam usaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran, kita tidak boleh melupakan satu hal yang sudah pasti kebenarannya, yaitu bahwa pebelajar harus sebanyak-banyaknya harus berinteraksi dengan sumber belajar. Tanpa sumber belajar yang memadai sulit diharapkan dapat diwujudkan proses pembelajaran yang mengarah kepada tercapainya hasil belajar yang optimal. Dengan demikian penggunaan media sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran mempunyai arti yang sangat penting. Selain melengkapi, memelihara dan memperkaya proses pembelajaran media berkedudukan untuk meningkatkan kegiatan akademik pebelajar.
Dengan dimanfaatkannya media secara maksimal, pemahaman tidak akan terbatas pada apa yang diperolehnya melalui kegiatan tatap muka tetapi akan mampu menggali berbagai jenis ilmu pengetahuan terutama yang sesuai dengan bidang keahliannya.
B. Rumusan Masalah
- Bagaimana perawatan media pembelajaran
- Untuk mengetahui perawatan media pembelajaran.
MAKALAH TENTANG MERAWAT MEDIA
BAB II
PEMBAHASAN
- a. Perawatan Media Pembelajaran
- Media Grafis
- Ditempatkan pada ruangan yang kadar air dalam udaranya rendah, sejuk serta bebas dari debu.
- Menempatkan media pada tempat tertutup atau dibungkus dengan bahan plastik sehingga tidak dimakan ngengat.
- Sebaiknya selalu tergantung pada tempat penyimpanan (tidak tertindih)
a. Pita Magnetik
- Ditempatkan jauh dari bahan-bahan yang mengandung magnit
- Ditempatkan pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk
- Menempatkannya pada kotak pembungkus
- Disket
- Setelah selesai digunakan selalu dibersihkan permukaannya dengan cairan pembersih
- Menempatkannya pada kotak pembungkus
- Ditempatkan pada tempat yang sejuk
- Film
- Menempatkannya pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk
- Menempatkan pada kotak penyimpanan
- Flashdisk
- Setelah selesai digunakan selalu dibersihkan dengan antivirus
- Jika tidak digunakan top cupnya harus selalu terpasang
- Antar transparansi harus diberi kertas pelapis
- Ditempatkan pada ruangan yang kelembabannya rendah dan sejuk
- Ditempatkan pada rak yang jaraknya cukup jauh sehingga tidak bersentuhan ketika diangkat dari tempat peletakannya
- Ditempatkan pada ruangan yang sejuk
- Upayakan catnya selalu terjaga
- Media cetak
- Ditempatkan pada rak dengan posisi tegak di ruangan yang sejuk
- Pada rak hendaknya diberi anti ngengat.