CONTOH MAKALAH DASAR MANAJEMEN DAN BISNIS



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Setiap organisasi, baik dalam skala besar maupun kecil, dapat terjadi perubahan-perubahan kondisi yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal organisasi. Dalam menghadapi perkembangan dan perubahan yang terjadi maka diperlukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dilakukan agar roda organisasi beserta administrasi dapat berjalan terus dengan lancar
     Pengambilan keputusan tersebut dilakukan oleh seorang manajer atau administrator. Kegiatan pembuatan keputusan meliputi pengindentifikasian masalah, pencarian alternatif penyelesaian masalah, evaluasi daripada alternatif-alternatif tersebut, dan pemilihan alternatif keputusan yang terbaik. Kemampuan seorang pimpinan dalam membuat keputusan dapat ditingkatkan apabila ia mengetahui dan menguasai teori dan teknik pembuatan keputusan. Dengan peningkatan kemampuan pimpinan dalam pembuatan keputusan maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang dibuatnya, sehingga akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja organisasi.
     Pembuatan keputusan diperlukan pada semua tahap kegiatan organisasi dan manajemen. Misalnya, dalam tahap perencanaan diperlukan banyak kegiatan pembuatan keputusan sepanjang proses perencanaan tersebut. Keputusan-keputusan yang dibuat dalam proses perencanaan ditujukan kepada pemilihan alternativ program dan prioritasnya. Dalam pembuatan keputusan tersebut mencakup kegiatan identifikasi masalah, perumusan masalah, dan pemilihan alternatif keputusan berdasarkan perhitungan dan berbagai dampak yang mungkin timbul. Begitu juga dalam tahap implementasi atau operasional dalam suatu organisasi, para manajer harus membuat banyak keputusan rutin dalam rangka mengendalikan usaha sesuai dengan rencana dan kondisi yang berlaku. Sedangkan dalam tahap pengawasan yang mencakup pemantauan, pemeriksaan, dan penilaian terhadap hasil pelaksanaan dilakukan untuk mengevalusai pelaksanaan dari pembuatan keputusan yang telah dilakukan.
     Hakikatnya kegiatan administrasi dalam suatu organisasi adalah pembuatan keputusan. Kegiatan yang dilakukan tersebut mencakup seluruh proses pengambilan keputusan dari mulai identifikasi masalah sampai dengan evaluasi dari pengambilan keputusan yang melibatkan seluruh elemen-elemen dalam administrasi sebagai suatu sistem organisasi. Artinya dalam membuat suatu keputusan untuk memecahkan suatu permasalahan yang ditimbulkan dari adanya perubahan-perubahan yang terjadi dalam organisasi dibutuhkan informasi yang cukup baik dari internal maupun eksternal organisasi guna mengambil keputusan yang tepat dan cepat.
     Pada akhirnya, kegiatan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat merupakan bagian dari kegiatan administrasi dimaksudkan agar permasalahan yang akan menghambat roda organisasi dapat segera terpecahkan dan terselesaikan sehingga suatu organisasi dapat berjalan secara efisien dan efektif dalam rangka mencapai suatu tujuan organisasi.

CONTOH MAKALAH DASAR MANAJEMEN DAN BISNIS

B.    Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan pengambilan keputusan ?
2.      Bagaimana Uraian Istilah keputusan menurut Simon?
3.      Apakah tujuan dari pengambilan keputusan?
4. Apakah yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan?
5  Faktor apakah yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan?
6.Apa sajakah jenis-jenis pengmbilan keputusan dalam organisasi?
7. Bagaimana proses pengambilan keputusan itu ?
8. Bagaimana gaya pengambilan  keputusan?
9. Bagaimana kerangka kerja dan konsep untuk pengambilan keputusan?
10. Bagaimanakah pengambilan keputusan dalam organisasi sederhana?

C.    Tujuan
1.      Mengetahui definisi dari pengambilan keputusan.
2.       Bagaimana Uraian Istilah keputusan menurut Simon
3.      Mengetahui tujuan pengambilan keputusan.
4.      Mengetahui dasar yang menjadi pengambilan keputusan.
5.      Mengetahui faktor-f aktor pengambilan keputusan.
6.      Mengetahui jenis-jenis pengambilan keputusan.
7.      Mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan.
8.      Mengetahui bagaimana gaya pengambilan keputusan.
9.      Mengetahui bagaimana kerangka kerja dan konsep untuk pengambilan keputusan.
10.  Mengetahui bagaimanakah pengambilan keputusan dalam organisasi sederhana.
D.    Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah studi pustaka dan pencarian di internet.


E.    Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
B.       Rumusan Masalah
C.       Tujuan
D.      Metode Penulisan
E.       Sistematika Penulisan

BAB II ISI
      A.  Definisi Pengambilan Keputusan
      B.  Keputusan menurut Simon
      C.  Tujuan Pengambilan Keputusan
      D. Dasar Pengambilan Keputusan
      E. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam Pengambilan Keputusan
      F. Keputusan Individual dan Kelompok
      G. Proses Pengambilan Keputusan
      H. Gaya Pengambilan Keputusan
      H. Kerangka kerja dan konsep untuk pengambilan keputusan.
      I. Pengambilan keputusan dalam organisasi sederhana.
Previous
Next Post »