KATA PENGANTAR
Terima kasih kami panjatkan
dengan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan Penyayang yang telah
memberikan waktu dan tempat kepada kami, sehingga dapat menyelesaikan
penyusunan makalah ini tentang “pengaruh perpustakaan
sekolah terhadap mutu pendidikan di sekolah”. Makalah ini meruBAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Ilmu
pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai
dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa
Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama
belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup
bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan.
Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
1.2. Rumusan Masalah
Sesuai
dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu
Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di
sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program
tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana
peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2. Bagaimana
cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan
di sekolah ?
1.3 Tujuan
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan,
maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
BAB II
PENJELASAN
.
2.1 Penggunaan perpustakaan Sekolah
Perpustakaan
merupakan bagian intergral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan
bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.
meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama
dengan unsur-unsur sekolah lainnya.
Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan
baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula
dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta
memantapkan strategi belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1.Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaan
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaan
kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler,
kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
2.2. Fungsi perpustakaan sekolah
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka
dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut:
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.
3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien
4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.
2.3. Sumbangan
perpustakaan terhadap pelaksanaan program
pendidikan di sekolah
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah
sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di
sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
- Perpustakaan
merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
- Perpustakaan
merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa
untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk
untuk mencipta.
- Perpustakaan
akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai
tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
- Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika
kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu.
- Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara
mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
- Perpustakaan
akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan
memperluas perbendaharaan bahasa.
- Perpustakaan
dapat menimbulkan cinta membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan
apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
- Perpustakaan
memberikab kepuasan akan pengetahuan diluar
kelas.
- erpustakaan
merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
- Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan
penelitian.
- Perpustakaan
merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup
membaca di sekolah yang lebih tinggi.
- Kegairahan
/ minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat
berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
- Bila minat
membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan
juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh
negatif terhadap kesehatan anak.
- Bahkan
perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan
kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan
berteman diantara mereka.
2.4.D. Dampak terhadap
pendidikan di sekolah
1.Siswa-siswi menjadi mengerti pelajaran yang terbilang susah
menjadi gampang.
2.Adanya reaksi siswa-siswi untuk mengungkapkan jawaban yang ia
peroleh dari sumber yang ia baca.
3.Timbul untuk mencari sumber pengetahuan sebanyak-banyaknya guna
menambah ilmu siswa-siswi
4.Tugas yang diberikan guru bisa dicermati oleh siswa-siswi.
E.Ilmu pengetahuan perpustakaan terhadap
pendidikan di sekolah
2.5.E. Ilmu pengetahuan perpustakaan terhadap pendidikan di sekolah
1.Siswa menjadi tertarik dengan buku perpustakaan yang kaya akan
ilmu pengetahuannya.
makalah Pengaruh Perpustakaan terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah