MAKALAH EKONOMI MIKRO PERSAINGAN PASAR
kali ini penulis akan menjelaskan sedikit tentang makalah ekonomi persaingan pasas dan berikut ini adalah penjelasan sedikit mengenai hal itu
Telah
dijelaskan bahwa jumlah output yang diproduksi perusahaan agar mencapai laba maksimum adalah saat MR = MC.
Namun demikian, walau dua perusahaan (misalnya perusahaan A dan B) memiliki
struktur biaya yang identik (kurva-kurva biayanya sama dan sebangun), jumlah
output yang dihasilkan measing-masing perusahaan pada kondisi laba maksimum
belum tentnu sama, salah satu faktor yang menimbulkan perbedaan itu adalah
posisi perusahaan dalam pasar (struktur pasar)
Secara
toritis ada dua kondisi ekstrim posisi perusahaan dalam pasar. Ekstrim pertama,
perusahaan berada dalam persaingan sempurna (perfect competition), di mana jumlah perusahaan vegitu banyak dan
kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk mempengaruhi harga pasar.
Perusahaan ibarat setitik air ditengah samudera. Yang dapat mencapai laba
maksimum. Ekstrim kedua adalah perusahaan hanya satu-satunya produsen
(monopoli). Dalam posisi ini perusahaan mampu mempengaruhi harga dan jumlah
output dalam pasar.
Namun
kedua kondisi ekstrim tersebut jarang sekali terjadi. Yang ada umumnya adalah
dua kondisi peralihan antara ekstrim pasar persaingansempurna dan monopoli.
Kondisi pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing-masing mempunyai daya
monopoli (terbatas). Kondisi ini disebut persaingan monopolistik (monopolistic competition). Kondisi kedua
adalah dalam pasar hanya ada beberapa produsen yang jika bekerja sama mampu
menghasilkan daya monopoli. Kondisi tersebut dikenal sebagai oligopoli (oligoply)
1.
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
Beberapa karakteristik agar
sebuh pasar dapat dikatakn persaingan sempurna:
- Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product)
- Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi sempurna (perfect knowledge)
- Output sebuah perusahaan relative kecil dibanding output pasar (small relatively output)
- Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
- Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)
a. Homogenitas Produk (Homogeneous Product)
Produk
yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu
mengetahui siapa produsennya.
b. Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
Para
pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang
harga produk dan input yang dijual.
c. Output Perusahaan Relatif Kecil (Small
RelativelOutput)
Perusahaan
dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien biaya rata – rata terendah), kendati pun demikian
jumlah output setiap perusahaan secara individu dianggap relative kecil
dibanding jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
d. Perusahaan Menerima Harga Yang Ditentukan
Pasar (Price Taker)
Perusahaan
menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar (price
taker). Secara individu perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
e. Keleluasaan Masuk – Kelur Pasar (Free
Entry and Exit)
Dalam
pasar persaingan sempurna factor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak
ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkan factor produksi
artikel di atas hanyalah CONTOH MAKALAH EKONOMI PERSAINGAN PASAR mudah mudahan bisa memberi wawasan anda dalam mencari makalah dan untuk lebih lengkapnya anda bisa douwnload makalah ini di bawah ini
2.