MAKALAH EKONOMI MIKRO PERSAINGAN PASAR



 MAKALAH EKONOMI MIKRO PERSAINGAN  PASAR
 MAKALAH EKONOMI MIKRO PERSAINGAN PASAR

 kali ini penulis akan menjelaskan sedikit tentang makalah ekonomi persaingan pasas dan berikut ini adalah penjelasan sedikit mengenai hal itu
Telah dijelaskan bahwa jumlah output yang diproduksi perusahaan agar  mencapai laba maksimum adalah saat MR = MC. Namun demikian, walau dua perusahaan (misalnya perusahaan A dan B) memiliki struktur biaya yang identik (kurva-kurva biayanya sama dan sebangun), jumlah output yang dihasilkan measing-masing perusahaan pada kondisi laba maksimum belum tentnu sama, salah satu faktor yang menimbulkan perbedaan itu adalah posisi perusahaan dalam pasar (struktur pasar)

Secara toritis ada dua kondisi ekstrim posisi perusahaan dalam pasar. Ekstrim pertama, perusahaan berada dalam persaingan sempurna (perfect competition), di mana jumlah perusahaan vegitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk mempengaruhi harga pasar. Perusahaan ibarat setitik air ditengah samudera. Yang dapat mencapai laba maksimum. Ekstrim kedua  adalah perusahaan hanya satu-satunya produsen (monopoli). Dalam posisi ini perusahaan mampu mempengaruhi harga dan jumlah output dalam pasar.

Namun kedua kondisi ekstrim tersebut jarang sekali terjadi. Yang ada umumnya adalah dua kondisi peralihan antara ekstrim pasar persaingansempurna dan monopoli. Kondisi pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing-masing mempunyai daya monopoli (terbatas). Kondisi ini disebut persaingan monopolistik (monopolistic competition). Kondisi kedua adalah dalam pasar hanya ada beberapa produsen yang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli. Kondisi tersebut dikenal sebagai oligopoli (oligoply)

1.      Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna        

      Beberapa karakteristik agar sebuh pasar dapat dikatakn persaingan sempurna:
  • Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen    (homogeneous product)
  • Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi   sempurna (perfect     knowledge)
  • Output sebuah perusahaan relative kecil dibanding output pasar (small relatively output)
  • Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
  • Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)
    a.     Homogenitas Produk (Homogeneous Product)
Produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
    b.     Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual.
    c.     Output Perusahaan Relatif Kecil (Small RelativelOutput)
Perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien  biaya rata – rata terendah), kendati pun demikian jumlah output setiap  perusahaan secara individu dianggap relative kecil dibanding jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
    d.     Perusahaan Menerima Harga Yang Ditentukan Pasar (Price Taker)
Perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar (price taker). Secara individu perusahaan tidak mampu  mempengaruhi harga pasar.
     e.    Keleluasaan Masuk – Kelur Pasar (Free Entry and Exit)
Dalam pasar persaingan sempurna factor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkan factor produksi
 artikel di atas hanyalah CONTOH MAKALAH EKONOMI PERSAINGAN PASAR mudah mudahan bisa memberi wawasan anda dalam mencari makalah dan untuk lebih lengkapnya anda bisa douwnload makalah ini di bawah ini
2.    

Makalah Ekonomi Mikro.docx - 524 KB
Previous
Next Post »