contoh silabus yang baik dan benar.dalam hal perkuliahan pasti di butuhkan suatu silabus dalam pembelajaran tertulis baik itu berupa lembaran dan sebagainya. di sini saya akan menjelaskan bagaiman cara yang benar membuat silabus,dan berikut ini detail dari cara membuat silabus:
A.
Pengertian
Silabus suatu mata kuliah adalah suatu
satuan instrumen umum
pembelajaran tertulis berbentuk lembaran tempat
tercantum informasi verbal mengenai garis-garis besar isi
dan prosedur belajar-mengajar satu semester dan
disusun secara prosedural dan hierarkis.
B. Fungsi Silabus
Ada 3 fungsi silabus yaitu sebagai:
1. Pedoman
(atau Kontrak)
Dosen-Mahasiswa:
a. Petunjuk mengenai apa pokok/ subpokok
bahasan yang disajikan, apa yang sudah dan yang belum selesai;
b. Pedoman dan kesepakatan metode PBM, peran
dosen-mahasiswa, alokasi waktu dan buku sumber yang digunakan; serta
c. Kesepakatan mengenai angka-nilai,
kelulusan; dan sejumlah pengecualian.
2. Pemeliharaan
dan Pengembangan
Isi dan Prosedur PBM:
a. Konsistensi, Sekuensi,
dan
Relevansi PBM
ybs, serta
b. Koneksitas dan Kontinyuitas
dengan matakuliah
lain.
3. Penilaian
PBM:
a. Acuan penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa
b. Acuan penilaian unjuk kerja dosen
C. Landasan Penyusunan
Silabus
Ada 3 landasan pokok penyusunan silabus (lazimnya ada dalam buku pedoman tiap fakultas):
1. Deskripsi kuliah yang memuat isi kuliah dalam 1
semester.
2. Tujuan Umum
Pembelajaran kadang-kadang sudah menjadi satu (atau mengawali) rumusan
deskripsi kuliah.
3. Kompetensi profesional
yang didukung.
Karena pentingnya, ketiga landasan itu menjadi unsur dari silabus
matakuliah.
D. Unsur-Unsur Suatu
Silabus
Ada 5 unsur suatu Silabus,
yaitu:
1. Identitas Silabus Matakuliah:
a. Nama
Matakuliah
b. Sandi
dan SKS/JS
c. Prodi/Jurusan/Fakultas
d. Pembina/Pengajar
Matakuliah
e.
Semester/Tahun Kuliah
2. Deskripsi Kuliah, berisi:
a.
Tujuan Umum Pembelajaran, biasanya secara implisit
b.
Ruang Lingkup Isi Kuliah: ringkas, jelas, dan tegas
c.
Kompetensi, biasanya secara implisit
3. Isi Inti Silabus,
umumnya dibuat dalam tabel “Rancangan Penyajian Kuliah”:
a. Urutan Pertemuan
b. Pokok/Subpokok Bahasan
c. Alokasi TPL & Waktu Penyajian
d. Referensi, Rujukan Literatur
e. Metode (Tugas Dosen)
f. Peran dan Tugas Mahasiswa
4. Daftar Pustaka
secara Lengkap, disusun menurut pedoman yang berlaku.
5. Pedoman Penilaian Proses dan
Hasil Belajar Mahasiswa,
dicantumkan:
a.
Partisipasi aktif mahasiswa (termasuk frekuensi masuk mhs sebagai unsur
penilaian, selain partisipasi dalam diskusi kelas)
b. Tes
Harian atau Kuis.
c.
Tugas individual, tugas kelompok (plus tugas “remidial”)
d.
UTS
e.
UAS
Contoh susunan
Silabus
--------------------------------------
Universitas islam nahdlatul ulama'
Fakultas tarbiyah
================================================================
Silabus
MATAKULIAH (KODE) : tarbiyah (
SKS/JS : 2
/ 3
SEMESTER / TAHUN : Gasal / 2013/2014
PRODI
:
DOSEN PEMBINA :
A. Tujuan Umum Perkuliahan:
B. Deskripsi Kuliah:
C. Kompetensi yang Didukung
D. Rancangan Penyajian Kuliah
Perte-muan
ke
|
Pokok Bahasan
& Subpokok Bahasan
|
Alokasi (menit)
|
Lite-
ra-
tur
|
Metode
(Tugas Dosen)
|
Tugas
Mahasiswa
|
|||
T
|
P
|
L
|
Jlh
|
|||||
I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
XIV
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Daftar Pustaka
F. Pedoman Penilaiandemikian contoh membuat silabus yang baik dan benar mudah-mudahan bisa membuat anda lebih bermanfaat,semoga bermanfaat.